Frequent Asked Questions

Candidates

Kiwi standing on oval Bahasa Indonesia
Apa itu Simonas?
Simonas adalah singkatan dari Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi. Aplikasi Simonas bertujuan untuk mempertemukan para kandidat yang telah dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi SKKNI dengan Para Perusahaan/Startup yang membuka lowongan secara gratis. Kandidat yang terdaftar pada Aplikasi Simonas telah dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat SKKNI.
Account & Log In
Untuk dapat menggunakan Simonas, peserta harus melakukan log in dengan menggunakan username (No.Sertifikat) dan Password. Untuk dapat melamar pada lowongan yang diinginkan, Peserta wajib melengkapi seluruh form resume yang telah sediakan setelah Log In
Bagaimana caranya untuk mendaftar di SIMONAS?
Untuk lulusan DTS, kamu bisa daftar dengan masuk di akun DTS kamu di https://digitalent.kominfo.go.id dan klik pada menu “activate” untuk menyiapkan akun SIMONAS kamu.
Apa yang selanjutnya saya lakukan setelah berhasil masuk dalam akun SIMONAS?
Untuk mengaktifkan akun SIMONAS kamu dan membuat profil kamu dapat dilihat oleh perusahaan, hal yang harus dilakukan adalah memperbaharui profil/data diri terlebih dahulu dan mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti :
  1. Foto
  2. CV
  3. Tentang Saya
  4. Diploma
  5. Keahlian
  6. Pendidikan
  7. Portofolio
  8. Pengalaman Kerja
Bagaimana cara agar bisa mendaftar pekerjaan di SIMONAS?
Kamu bisa mencari lowongan-lowongan pekerjaan dengan memilih menu “Find Jobs” yang terdapat di menu utama. Setelah itu klik “View Detail” pada lowongan yang kamu pilih, silahkan baca deskripsi pekerjaannya dan kebutuhannya lalu setelah itu klik “Apply Now” saat kamu sudah memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut. Setelah kamu klik “Apply Now”, akan muncul tampilan konfirmasi. Klik sekali lagi pada tampilan konfirmasi tersebut sekali lagi untuk melamar pekerjaan tersebut.
Bagaimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang sudah saya lamar?
Klik pada foto kamu yang terdapat pada sisi kanan atas halaman, lalu buka profil kamu, dan pilih menu “Job Application” pada sisi kiri profil kamu.
Bagaimana saya bisa mengetahui apabila saya lolos tahap selanjutnya pada proses perekrutan?
Jika kamu terpilih untuk mengikuti tahap selanjutnya dalam proses perekrutan, kamu akan mendapatkan informasi melalui email apabila perusahaan mengganti status kamu menjadi “Selected” atau “Hired”. Perusahaan juga dapat menghubungi kamu melalui menu “Mail” yang terdapat dalam profil masing-masing pelamar.
Saya sudah melamar pekerjaan. Mengapa saya belum mendapatkan informasi apapun setelah melamar pekerjaan tersebut?
Perusahaan memiliki pilihan untuk mengganti status kamu dan memberitahukan informasi tersebut melalui email atau perusahaan tersebut memutuskan untuk tidak memproses berkas yang kamu kirimkan. Jika kamu sudah lama tidak mendapatkan informasi dari perusahaan tersebut jangan terlalu dipikirkan karena masih banyak lowongan-lowongan baru lainnya yang bisa kamu coba!
Kiwi standing on oval English
What is SIMONAS?
SIMONAS is an online talent pool and job-recruitment platform developed by the Ministry of Communications and Informatics of The Republic of Indonesia. While originally designed as an information and monitoring system for National Work Competency Standardization System (SKKNI) training graduates and Digital Talent Scholarship (DTS) graduates, SIMONAS is now open to all Indonesian job seekers.
How do I sign up?
For DTS graduates, you can sign up by logging into your DTS account on https://digitalent.kominfo.go.id and clicking on the ‘activate’ button to set up your SIMONAS account. For non-DTS graduates, you can simply sign up by clicking “Sign In” on the upper right button of SIMONAS homepage and “Create an Account”.
Uh oh, I can’t get into my account. What should I do?
  1. Make sure you sign in as Candidate via this link https://simonas.kominfo.go.id/signin
  2. If you’re a DTS graduate, try logging in with your DTS registration number.
I got accepted into the DTS program and I still can’t get in, what should I do?
Only participants who complete the training and receive a Certificate of Completion will be facilitated to log in as a DTS graduate. However, you can still create an account by yourself on SIMONAS website.
What do I do after being logged onto my SIMONAS account?
In order to activate your account and make your profile visible to employers, you must update your profile and fill the necessary details, including:
  1. Photo
  2. CV
  3. About Me
  4. Diploma
  5. Skills
  6. Education
  7. Portofolio
  8. Job Experiences
How do I apply for jobs?
You can find vacancies by clicking on ‘Find Jobs’ on the tab bar of your main menu. Click on the ‘View Detail’ button on the job that you’re interested in, read the requirements, and click ‘Apply Now’ when you’re ready. When you click ‘Apply Now’, a confirmation box will appear. Click on it once again to apply for the job
How do I keep tracks on the jobs I’ve applied to?
Click on your photo on the upper right corner of the page, go to your profile, and find ‘Jobs Application’ on the left bar of your profile.
How will I know if I get selected by an employer?
If you get selected for the next step of the recruitment process, you might get notified by email when an employer changes your status into ‘selected’ or ‘hired’. An employer can also contact you via the ‘mail’ feature on your profile
I have applied for a job. Why haven’t I heard back from the employer?
An employer will have the option to change your status and notify you via email or other means if they decide not to go proceed with your selection process. But if you don’t hear back from an employer in a long time, don’t dwell on it and find new vacancies, as we will have more available jobs coming!